Bersabarlah Dengan Ujian Hidupmu

Bersabarlah Dengan Ujian Hidupmu.

Ditulis oleh :
Ustadz. E. Haykal Tabrani
( Mahasiswa Pasca Sarjana Al Karimiyah )

Saudaraku seiman, ketahuilah bahwa mereka para calon-calon penduduk surga adalah orang-orang yang banyak diuji dengan berbagai pengorbanan, lelah, sakit, air mata, lapar, pahit, sabar, susah payah dan penuh perjuangan selama menapaki kehidupan di dunia ini.

Allah subhanallahu wa ta’ala berfirman:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan untuk mengatakan, ‘kami telah beriman’ TANPA diuji ?!

Sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, sehingga Allah benar-benar tahu orang-orang yang tulus dan orang-orang yang dusta“. (QS. Al-Ankabut: 2-3).

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata:

“Jalan menuju Allah adalah jalan di mana Nabi Adam kelelahan, Nabi Nuh mengeluh, Nabi Ibrahim dilempar ke dalam api, Nabi Ismail dibentangkan untuk disembelih, Nabi Yusuf dijual sebagai budak dengan harga yang murah dan dipenjara hingga bertahun-tahun, Nabi Zakariya digergaji, Nabi Yahya disembelih, Nabi Ayyub menderita penyakit kulit (yang sangat menjinjikkan), Nabi Daud menangis melebihi kadar semestinya, Nabi Isa berjalan dengan rasa takut yang sangat, dan Baginda Nabi Muhammad Saw diuji dengan kefakiran dan berbagai gangguan lainnya. Sementara kalian ingin menempuhnya dengan bersantai ria dan bermain-main? Demi Allah takkan pernah bisa terjadi.” (Kitab Al-Fawaid hal. 56)

Saudaraku seiman, berbahagialah apabila ujian-ujian senantiasa menghampiri di dalam perjalanan hidup kita ini, terima setiap kehadirannya dengan penuh keridhoan dan bersamai ujian-ujian tersebut dengan sabar dan sholat serta tahan lisan kita agar tidak menceritakannya kepada selain Allah Tuhan Yang Memiliki Segalanya.

Dan ketahuilah bahwa setiap manusia diberikan ujian sesuai kadarnya masing-masing.

Semoga setiap ujian-ujian yang Allah hadirkan di dalam kehidupan kita ini bisa menjadi Kaffaroh (penghapus dosa) di hari-hari yang lalu, serta menjadi asbab naiknya derajat kita di sisi-Nya.

Barrokallahufikum 🙏🏻❤️

Bagikan Tulisan Di Atas :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *