Ketika Kamu Mulai Merasa Lelah Berbuat Baik

Ketika Kamu Mulai Merasa Lelah Berbuat Baik.

Ditulis oleh :

E. Haykal Tabrani.
(Pengasuh Majelis Al Manshuriyah)

Sahabatku, jika kita mulai merasa lelah dalam berbuat baik karena di luar sana banyak yang mencaci, menghina, menyepelekan, maka coba lihatlah perjuangan Rasulullah sholallahu alayhi wassalam. Beliau dilempari batu dan kotoran, difitnah, dihina, tetapi beliau tak selangkahpun mundur untuk berbuat baik, memperjuangkan umatnya, menyampaikan kebenaran.

Jika kita mulai merasa lelah berbuat baik karena tak ada yang mengapresiasi, menghargai, atau menganggap, coba lihat lagi niat kita. Katanya mau ridho Allah? Cuma untuk Allah? Mengapa saat manusia tidak melihat, kita khawatir? Bukannya Allah lebih Maha Melihat usaha dan upaya kita?

Sahabatku, jika kita mulai merasa lelah berbuat baik karena tak kunjung mendapatkan hasil yang nyata, sabar dulu. Karena semua ada waktunya. Kalaupun tidak di dunia ini mendapatkan hasilnya, barangkali balasan di akhirat nanti jauh lebih manis. Bukannya balasan Allah jauh lebih tak terkira?

Sahabatku, lihatlah, di luar sana banyak pejuang-pejuang kebaikan yang tak kenal lelah.

Para Alim Ulama kita dan para pendakwah yang selalu menyiarkan kebaikan, menyeru kepada kebenaran, sekalipun mereka ditolak dan tidak diikuti, lihatlah, hari ini mereka tetap berjuang. Tak ada kata lelah di hidup mereka dalam berbuat kebaikan. Mereka tahu, Allah lebih Maha Melihat atas apa yang telah mereka upayakan.

Sahabatku, teruslah berbuat baik, meskipun kita belum melihat hasilnya hari ini, meskipun kita mungkin tidak akan mendapatkan balasannya di dunia. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kita kerjakan.

Bagikan Tulisan Di Atas :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *